Selasa, 08 Januari 2013

Konsep Content Management system (cms)

1. Pengertian Content Management                      System (CMS) 

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
CMS (Content Management System) terbukti merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien dan efektif. Saat ini, berbagai perusahaan mengkombinasikan content tak berstruktur dengan transaksi tradisional dan application logic untuk membangun aplikasi berbasis Web. Web application ini mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para user-nya, dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan. Aplikasi berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung meningkatkan peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi perusahaan. Alhasil, pemilihan CMS yang akan diterapkan di perusahaan tidak bisa dianggap remeh.
Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.

2. Pengertian Content Management System

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
CMS (Content Management System) terbukti merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien dan efektif. Saat ini, berbagai perusahaan mengkombinasikan content tak berstruktur dengan transaksi tradisional dan application logic untuk membangun aplikasi berbasis Web. Web application ini mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para user-nya, dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan. Aplikasi berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung meningkatkan peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi perusahaan. Alhasil, pemilihan CMS yang akan diterapkan di perusahaan tidak bisa dianggap remeh.
Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk- produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.
Beberapa waktu lalu untuk membangun website menghabiskan waktu yg lama, karena selain mengatur tampilan layout (memahami disain grafis) sebuah halaman web juga perlu mengerti berbagai pemrograman web yg statis (HTML, Java…) maupun yg dinamis (ASP, JSP, PHP, CFML, WML…).
Tetapi jgn kecil hati dulu, karna para webmaster dunia udah mengembangkan yg namanya CMS (Content Management System) sehingga siapapun bisa membangun website bagus sekalipun tidak cukup mengerti pemrograman teknis. Tentunya dengan berbagai pilihan sesuai tujuan umumnya : seperti untuk artikel (Blog), berjualan (eCommerce), pendidikan (eLearning), berbagai Informasi (Portal), Forum Diskusi dll.
Sesuai bahasanya CMS (Content Management System) bisa dipahami sebagai sistem <System> yang mengelola <Management> isi <Content>. Tentunya yg dimaksud isi adalah isi/informasi yg akan ditampilkan pada halaman web. Dengan demikian CMS dirancang agar pemilik web lebih FOKUS mengelola isi/informasi yg akan disajikan, sedangkan untuk tampilan dan fitur tambahan sudah tersedia banyak pilihan <tinggal Install/Uninstall aja>.
Sebagai sebuah sistem tentunya CMS terdiri dari beberapa hal yg saling terkait. Untuk tampilan web banyak tersedia (Theme/Template) yg bisa didapat gratis/bayar, sedangkan untuk menambahkan fitur di web bisa ditambahkan (Component/Module/Plugin). Isi/Content akan tersimpan di database (MSSQL, MySQL, PostgreSQL..) untuk memudahkan pengkategorian.
Dalam mengelola Isi/Content web tentunya untuk keamanan ada level pengguna. Hanya pengguna/user dengan level tertentu yang bisa mengelola seluruh isi dan tampilan web, yang dapat dikelola di halaman Administrator/Dashboard.
Kesimpulannya CMS dibuat untuk memudahkan setiap orang untuk membangun website tanpa harus memahami secara mendalam tentang Desain Grafis ataupun pemrograman web, cukup fokus pada isi/content yg akan disajikan, kemudian tentukan CMS yg akan digunakan sesuai website yg mau dibangun.
Secara umum berdasarkan content/isinya website dapat dikategorikan sbb:
* Blog : berisi catatan jurnal (harian/bulanan/tahunan) atau artikel dgn kategori tertentu. CMS yg bisa dipilih: Textpattern, Serendipity, WordPress…..
* eCommerce : berisi informasi produk yg mau dijual/lelang/sewa dan kemampuan bertransaksi secara online. CMS yg bisa dipilih: OSCommerce, PrestaShop, Magento….
* eLearning : berisi informasi untuk pendidikan dan kemampuan belajar interaktif secara online. CMS yg bisa dipilih: ATutor, eFront, Moodle…
* Forum : berisi diskusi sesuai isu yang diangkat dan kemampuan membagi menjadi beberapa Thread/topic/sub-topic. CMS yg bisa dipilih: phpBB, SMF, MyBB, vBulletin…
* Portal : dapat berisi berbagai informasi dengan banyak fitur yang bisa disesuaikan

0 komentar:

Posting Komentar