Jumat, 15 Februari 2013

Membuat web menggunakan joomla 1.5

Cara langkah awall installasi joomla
1. install xampp , setelah menginstal xampp kemudian membuat folder untuk tempat berkumpulnya file-file web yang akan kita buat. Buat folder di dalam folder htdocs (C:\xampp\htdocs) , kasi nama folder yang sesuai dengan kemuan anda yang akan di jadikan alamat web anda. Di sini saya akan berikan nama folder technology_information

2. kemudian extract file master jomla ke dalam folder information_technology
3. selanjutnya anda masuk ke browser , pergi ke alamat “localhost/technology_information” (tanpa tanda kutip). Jika proses extract joomla berhasil , anda akan langsung dialihkan ke proses installasi joomla.

4. selanjutnya akan muncul tampilan steps 2 yaitu Pre-installation Check. Proses ini memberitahukan bahwa:


A. memberi informasi bahwa joomla yang anda instalasi mendukung yang terdapat di petunjuk A
B. memberi informasi bahwa web yang anda akan buat masi bersifat ofline, jika online nanti “YES” semua.
Dalam steps ini langsung saja kita klik next.


5. steps berikutnya adalah license. Step ini menampilkan persetujauan syarat-syarat yang di berikan joomla. Klik next saja.

6. step selanjutnya yaitu database. Di step ini anda di minta untuk memasukan hostname(saya isikan localhost) , username(saya isikan root ) , password(karena di xampp saya tidak di minta untuk password , jadi otomatis saya kosongkan) , nama database(saya isikan technology_information)

7. di step FTP congfiguration , langsung klik next saja

8. step congfiguration , anda akan di minta untuk mengisi site name[saya isikan informiation technology(boleh kasi spasi)] , email(isi alamat email anda), password admin (isikan password untuk masuk sebagai administrator) . setelah itu klik “install sample data” kemudian klik next


9. pada step terakhir anda di minta untuk menghapus folder installation yang terdapat di folder technology_information. Setelah anda sudah menghapus , klik admin pada step terkahir. Setelah mengeklik admin , anda akan di minta untuk memasukan username dan password yang tadi anda sudah buat pada saat installasi tepatnya di steps  congfigurasi(lihat gambar.8).
Selamat anda telah berhasil melakukan installasi joomla. Sekarang anda tinggal mendesainnya.
selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana mengganti menu bawaan joomla dengan menu baru?


Saya akan menggatin menu-menu di main menu . Cara untuk menggantinya ,
masuk ke administrator , pilih menus , pilih main menu.


Pilih home ,


Ganti titlenya menjadi beranda. Kemudian di save trus lihat hasilnya.untuk mengganti yang lainya , caranya sama seperti ini.
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang mengganti teks postingan.
Masuk administrator , pilih content , pilih front page manager.


Saya ubah postingan Joomla! Community Portal , klik Joomla! Community Portal.


Silahkan anda ganti titlenya dan isi postingan yang anda inginkan. Jika sudah klik save trus lihat hasilnya dengan cara klik preview. Untuk mengganti atau mengubah postingan yang alin , caranya sama seperti yang di atas.
Selanjutnya saya akan menambahkan template baru  pada web yang sedang kita buat.
sebelum anda menambah template baru , anda harus mempunyai file master template baru untuk kita upload ke dalam web kita. Anda bisa mendownloadnya di sini
Setelah anda sudah mempunyai file master template barunya , langkah selanjutnya anda masuk ke administrator kemudian pilih extensions pilih install/uninstall ,


Masukan file master template baru ke dalam package file dengan cara klik browser. Jika anda sudah memasukannya , klik upload file dan install seperti pada tanda panah di atas. Jika proses install berhasil , nanti ada tulisan “Install Template Success”. Untuk mengeceknya apakah itu benar-benar berhasil , kita masuk ke extensions pilih template manager. Jika di situ ada nama template seperti nama file mater template baru  kita yang tadi barusan kita install berarrti berhasil. Untuk menggati tamplate web kita dengan template yang lainnya caranya klik template yang ingin dijadikan template web kita , tapi jangan mengeklik nama templatenya tapi klik sebelahnya template yang akan kita jadikan template di web kita.


Setelah memilih anda klik logo bintang seperti gambar di atas. Jika sudah silahkan lihat hasilnya dengan cara mengeklik preview.
Tutorial selanjutnya adalah mengganti header web kita.


Kita akan menggantinya dengan menggunakan photoshop , jadi anda yang belum mempunyai photoshop harap download kemudian di install. Sebelum kita mengganti header , kita harus tau ukuran dan format header yang akan kita ubah. Caranya masuk ke folder C:\xampp\htdocs\technology_information\templates\(nama template yang sedang kita gunakan) \images . kita klik foto header kita trus kita diamkan kursor kita ke foto header yang kita akan ganti. Nanti akan muncul tampilan seperti yang sudah di tandai(kotak warna merah)


Di foto header saya  tertera typenya jpeg , ukurannya 898x300. Langkah selanjutnya kita masuk ke photoshop ,  pilih new ,

Sesuiakan ukuran width dengan height dengan ukuran yang sudah tadi kita ketahui.
saya isikian widht 898 dengan type ukurannya pixels dan height 300 type ukurannya pixels juga. Jika anda sudah mengisi sesui dengan ukuran header template  anda klik ok.
kemudian klik open pada toolbar photoshop , pilih open. Kita pilih foto mana yang akan kita jadikan header baru kita. Jika sudah klik open.


Setelah membuka foto yang akan kita jadikan header , kita klik yang sudah di tandai(tanda bulat merah). Kemudian tekan foto yang akan kita jadikan header , kita pindahkan ke jendela yang kosong yang tadi kita buat dengan ukuran yang sudah kita sesuaikan. Langkah selanjutnya di save di folder C:\xampp\htdocs\technology_information\templates\(nama template yang sedang kita gunakan) \images , jika sudah klik save. Setelah itu masuk ke folder C:\xampp\htdocs\technology_information\templates\(nama template yang sedang kita gunakan) \images , hapus header lama kemudian ganti nama header kita yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar