1. Pengertian Content Management System (CMS)
CMS
(Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk
mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan
publikasi content secara bersama (collaborative content management).
Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun
dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan
proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan
meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk
lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup
software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya
yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi
suatu perusahaan maupun global.
CMS
(Content Management System) terbukti merupakan sebuah aset penting
bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara
efisien dan efektif. Saat ini, berbagai perusahaan mengkombinasikan
content tak berstruktur dengan transaksi tradisional dan application
logic untuk membangun aplikasi berbasis Web. Web application ini
mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para user-nya, dan
meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi
para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan. Aplikasi
berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung meningkatkan
peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi
perusahaan. Alhasil, pemilihan CMS yang akan diterapkan di perusahaan
tidak bisa dianggap remeh.
Dengan
adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan
suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan
fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan
pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen,
dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara
berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan
penting dalam tercapainya target pemasaran.
* Forum : berisi diskusi sesuai isu yang diangkat dan kemampuan membagi menjadi beberapa Thread/topic/sub-topic. CMS yg bisa dipilih: phpBB, SMF, MyBB, vBulletin…
* Portal : dapat berisi berbagai informasi dengan banyak fitur yang bisa disesuaikan
2. Pengertian Content Management System
CMS
(Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk
mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan
publikasi content secara bersama (collaborative content management).
Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun
dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan
proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan
meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain.
Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software
aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat
dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu
perusahaan maupun global.
CMS
(Content Management System) terbukti merupakan sebuah aset penting
bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara
efisien dan efektif. Saat ini, berbagai perusahaan mengkombinasikan
content tak berstruktur dengan transaksi tradisional dan application
logic untuk membangun aplikasi berbasis Web. Web application ini
mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para user-nya, dan
meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi
para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan. Aplikasi
berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung meningkatkan
peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi
perusahaan. Alhasil, pemilihan CMS yang akan diterapkan di perusahaan
tidak bisa dianggap remeh.
Dengan
adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan
suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan
fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan
pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen,
dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk- produk secara
berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan
penting dalam tercapainya target pemasaran.
Beberapa
waktu lalu untuk membangun website menghabiskan waktu yg lama, karena
selain mengatur tampilan layout (memahami disain grafis) sebuah halaman
web juga perlu mengerti berbagai pemrograman web yg statis (HTML,
Java…) maupun yg dinamis (ASP, JSP, PHP, CFML, WML…).
Tetapi
jgn kecil hati dulu, karna para webmaster dunia udah mengembangkan yg
namanya CMS (Content Management System) sehingga siapapun bisa
membangun website bagus sekalipun tidak cukup mengerti pemrograman
teknis. Tentunya dengan berbagai pilihan sesuai tujuan umumnya :
seperti untuk artikel (Blog), berjualan (eCommerce), pendidikan
(eLearning), berbagai Informasi (Portal), Forum Diskusi dll.
Sesuai
bahasanya CMS (Content Management System) bisa dipahami sebagai sistem
<System> yang mengelola <Management> isi <Content>.
Tentunya yg dimaksud isi adalah isi/informasi yg akan ditampilkan pada
halaman web. Dengan demikian CMS dirancang agar pemilik web lebih FOKUS
mengelola isi/informasi yg akan disajikan, sedangkan untuk tampilan
dan fitur tambahan sudah tersedia banyak pilihan <tinggal
Install/Uninstall aja>.
Sebagai
sebuah sistem tentunya CMS terdiri dari beberapa hal yg saling
terkait. Untuk tampilan web banyak tersedia (Theme/Template) yg bisa
didapat gratis/bayar, sedangkan untuk menambahkan fitur di web bisa
ditambahkan (Component/Module/Plugin). Isi/Content akan tersimpan di
database (MSSQL, MySQL, PostgreSQL..) untuk memudahkan pengkategorian.
Dalam
mengelola Isi/Content web tentunya untuk keamanan ada level pengguna.
Hanya pengguna/user dengan level tertentu yang bisa mengelola seluruh
isi dan tampilan web, yang dapat dikelola di halaman
Administrator/Dashboard.
Kesimpulannya
CMS dibuat untuk memudahkan setiap orang untuk membangun website tanpa
harus memahami secara mendalam tentang Desain Grafis ataupun
pemrograman web, cukup fokus pada isi/content yg akan disajikan,
kemudian tentukan CMS yg akan digunakan sesuai website yg mau dibangun.
Secara umum berdasarkan content/isinya website dapat dikategorikan sbb:
* Blog : berisi catatan jurnal (harian/bulanan/tahunan) atau artikel dgn kategori tertentu. CMS yg bisa dipilih: Textpattern, Serendipity, WordPress…..
* eCommerce : berisi informasi produk yg mau dijual/lelang/sewa dan kemampuan bertransaksi secara online. CMS yg bisa dipilih: OSCommerce, PrestaShop, Magento….
* eLearning :
berisi informasi untuk pendidikan dan kemampuan belajar interaktif
secara online. CMS yg bisa dipilih: ATutor, eFront, Moodle…* Blog : berisi catatan jurnal (harian/bulanan/tahunan) atau artikel dgn kategori tertentu. CMS yg bisa dipilih: Textpattern, Serendipity, WordPress…..
* eCommerce : berisi informasi produk yg mau dijual/lelang/sewa dan kemampuan bertransaksi secara online. CMS yg bisa dipilih: OSCommerce, PrestaShop, Magento….
* Forum : berisi diskusi sesuai isu yang diangkat dan kemampuan membagi menjadi beberapa Thread/topic/sub-topic. CMS yg bisa dipilih: phpBB, SMF, MyBB, vBulletin…
* Portal : dapat berisi berbagai informasi dengan banyak fitur yang bisa disesuaikan
0 komentar:
Posting Komentar